Berburu Pesona Blue Fire Kawah Ijen, Fenomena Langka yang Mendunia

SENTAPOKER – Kobaran api berwarna biru menyembur di sela bebatuan Kawah Ijen. Pesonanya membuat wisatawan berdecak kagum saat memandangnya. Fenomena Api Biru alami di dunia memang langka. Keberadaannya hanya di Islandia dan Kawah Ijen. Indonesia patut berbangga dengan fenomena Api Biru atau terkenal dengan Blue Fire. Namun melihat fenomena langka ini butuh perjuangan yang tak gampang. Pengunjung harus berani berjuang menyusuri Kawah Ijen di Gunung Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Pengunjung dan wisatawan harus berhadapan dengan ketinggian dan jalur yang menantang. Tak cukup sampai di sana, perjuangan berlanjut dengan bau belerang yang sering memakan korban. Namun pesona Blue Fire Kawah Ijen mengalahkan segala tantangannya. Banyak wisatawan yang datang, tak jarang wisatawan mancanegara tak ingin ketinggalan melihat fenomena langka Blue Fire Kawah Ijen. Berada di puncak Gunung Ijen Blue Fire tak bisa dijumpai setiap waktu. Hanya pada pukul 03.00 hingga 04.00 dini hari Blue Fire muncul.

Waktu terbaik melihat fenomena Blue Fire ialah saat berada di gelap gulita malam. Warna biru api yang berkobar akan lebih terlihat dengan jelas. Namun perjalanan menjadi semakin menegangkan menembus gelapnya malam. Maksimal, wisatawan dan pendaki wajib berangkat dari basecamp pendakian pukul 01.00 pagi.

Menembus dinginnya malam dan dataran tinggi Gunung Ijen. Dari perkampungan menuju puncak Gunung Ijen setidaknya memakan waktu rata-rata 2 jam perjalanan, tergantung pada fisik kuat dan cuaca yang bersahabat. Rute perjalanan berupa trekking mendaki mulai dari ladang warga, hutan, hingga kawah penuh bebatuan. Perjalanan tersulit selanjutnya ialah menyusuri puncak dan kawah Gunung Ijen. Selain itu, perlu mengenakan sepatu pada jalan setapak berbatu. Bebatuan besar menjadi rintangan setiap wisatawan. Langkah kaki harus diperhatikan jika tak ingin tergelincir dan menghadapi akibat yang fatal. Berada di ketinggian 2.443 mdpl menjadikan suhu semakin dingin. Pakaian tebal harus dikenakan jika ingin mengunjungi Blue Fire Kawah Ijen.Dari kejauhan nampak kilauan kebiruan cahaya dari balik bebatuan. Menandakan semakin dekat dengan Blue Fire. Dibimbing dengan lampu senter perlahan berjalan mendekati keajaiban alam.

Berada di kegelapan malam fenomena Blue Fire sangat menawan. Pengunjung dapat berfoto di areal Blue Fire dengan memperhatikan jarak aman. Birunya warna api merupakan hasil dari reaksi pembakaran senyawa belerang. Gas belerang dengan suhu tinggi akan mematik oksigen di udara yang kemudian terbakar dan mengeluarkan api berwarna biru. Asap belerang menjadi ancaman serius saat berada di Kawah Ijen. Kandungan hidrogen sulfida dan karbon dioksida yang berlebih dapat membunuh siapa saja. Masker tebal dan filter udara wajib dikenakan saat melihat fenomena Blue Fire dari dekat. Perjuangan telah terbayarkan. Selain keamanan yang harus selalu diperhatikan, selama berada di objek Blue Fire segera abadikan momen di dalam kamera. Pasalnya tak bisa berlama lama berada di Kawah Ijen. Blue Fire Kawah Ijen akan meredup pada pukul 05.00 pagi. Selain itu semakin siang, intensitas asap belerang akan semakin tinggi. Wisatawan dibatasi hingga pukul 07.00 pagi.

 

Harga tiket masuknya terbilang murah, hanya dengan Rp 7 ribu saja wisatawan bisa melihat Blue Fire Kawah Ijen. Jika ingin melihatnya, wisatawan harus menempuh satu setengah jam perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi. Selain Blue Fire, Kawah ijen punyasisi unik lain. Ada pesona kebiruan air kawah ijen hingga geliat para penambang belerang. Pesona Blue Fire Kawah Ijen memang selalu menyorot perhatian dunia. Selain keindahannya, Blue Fire merupakan fenomena yang langka.

DAFTAR SITUS VAZBET

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *